Jan 12, 2012

corat coret belajar bab munakahat

Mari kte belajar sket bab munakahat pasal kewajiban seorang suami kepada istrinya. ~ adalah pertama,membayar mahar dengan sempurna.

Kedua,memberi nafkah.Rasulullah saw.bersabda,“Takutlah kepada Allah dalam memperlakukan wanita,karena kamu mengambil mereka dengan amanat Allah dan kamu halalkan kemaluan mereka dengan kalimat Allah;dan kewajiban kamu adalah memberi nafkah dan pakaian kepada mereka dengan baik.”

Ketiga,suami wajib memberi perlindungan kepada istrinya. Keempat,melindungi istri dari siksa api neraka. Ini perintah Allah swt..”“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar,keras,dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS.At-Tahrim : 6)

Kewajiban keempat, mempergauli istri dengan baik.Allah berfirman,“Dan pergaulilah mereka dengan cara yang baik.” (An-Nisa: 19)
Rasulullah saw. bersabda,“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya; dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya.” (Tirmidzi)

KEWAJIBAN SEORANG ISTRI TERHADAP SUAMINYA

Mentaati suami.Namun dalam mentaati suami juga ada batasannya.Batasan itu adalah seperti yang disabdakan Rasulullah saw.,“Tidak ada ketaatan terhadap makhluk untuk bermaksiat kepada Allah,Sang Pencipta.”

Menjaga kehormatan dirinya,suami dan harta keluarga.

Mengatur rumah tangga.

Mendidik anak-anak.Rasulullah saw. bersabda,“Wanita adalah pengasuh dan pendidik di rumah suami dan bertanggung jawab atas asuhannya.”(HR.Bukhari Muslim)....Keluarga adalah prioritas seorang istri,meski tidak ada larangan baginya untuk melakukan peran sosialnya di masyarakat seperti berdakwah,misalnya.Dan kewajiban lain seorang istri kepada suaminya adalah berbuat baik kepada keluarga suami.

No comments:

Post a Comment